Thursday, April 23, 2020

Belajar Efektif


            Assalamu’alaikum Wr. Wb.

            Yang terhormat Ibu Tati Retnowati selaku guru Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya banggakan. Terlebih dahulu marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugrahkan berbagai kenikmatan kepada kita, sehingga kita dapat merasakan kesehatan serta kebahagiaan hingga saat ini.

            Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul “Belajar Efektif”. Teman-teman yang berbahagia, setiap orang mempunyai karakter belajar yang berbeda-beda. Ada yang belajar rutin setiap hari ada pula yang menganut pola belajar sistem kebut semalam. Belajar secara efektif meupakan sebuah cara belajar yang mengutamakan hasil dan proses pelaksanaan yang efisien. Belajar secara efektif memiliki banyak keuntungan antara lain, kita lebih cepat mengerti tentang materi yang sedang kita pelajari selain itukita dapat menghemat waktu untuk belajar sehingga dapat mengalokasikan kelebihan waktu untuk mengerjakan hal-hal yang juga bermanfaat.

            Teman-teman yang saya cintai, untuk menjalani proses belajar yang efektif ada beberapa cara yang dapat kita lakukan antara lain :

  1. Awali proses belajar dengan niat yang tulus untuk mendapatkan ilmu yang bermafaat.
  2. Berdo’a agar diberikan kemudahan dalam menyerap ilmu saat belajar.
  3. Buatlah suasana belajar senyaman mungkin, bisa dengan nyemil, mendengarkan musik, atau memilih keheningan suasana untuk memudahkan berkonsentrasi.
  4. Rasakan jika belajar adalah sebuah hal yang menyenangkan bagi kita.
  5. Pilihlah cara belajar yang cocok menurut kalian, apakah lebih nyaman belajar sendiri, atau belajar kelompok bersma teman.
  6. Belajar bisa juga dilakukan setelah sholat subuh.

            Teman-teman yang berbahagia, itulah beberapa cara belajar efektif yang dapat saya sampaikan, saya berpesan kepada kalian untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Atas perhatian teman-teman saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf setulus-tulusnya jika terdapat kesalahan dlaam bertutu kata..

            Wassalamu’alaikum Wr. Wb


No comments:

Post a Comment

Surat Wasiat

  SURAT WASIAT Yang bertanda tangan dibawah ini saya Nama           : Nariyah RT      : 11 RW    : 05 Desa   : Bantar, Kec. Jatila...